Rabu, 25 November 2009

gigi bungsu...


Ini merupakan kisah yang paling bersejarah dalam kehidupan saya. Bagaimana tidak…untuk pertama dan terakhir kalinya akan dilakukan pengangkatan gigi Molar ke 3 (gigi bungsu). Mungkin pembaca bertanya2…kenapa harus diangkat??? Kenapa nggak dibarkan aja tertanam didalam tulang rahang seumur hidup? Kenapa bisa ngga tumbuh seperti gigi lainnya?? Kenapa bisa begini??? Kenapa bisa begitu???

Ngga bisa dipungkiri…mungkin diantara para pembaca blog ini sekalian pasti ada salah satu yang bernasib sama dengan saya (tersedia sesi tanya jawab di komen paling bawah…ahahaha). Jadi disini saya akan sedikit menjelaskan mengenai si gigi bungsu yang malu untuk keluar dari persembunyiannya.

Gigi manusia…kita…berjumlah 32 (gigi dewasa). 28 tumbuh kepermukaan gusi secara bertahap mulai usia 6 hingga 19 tahun. Nah… gigi geraham bungsu kita, umumnya akan mulai muncul kepermukaan gusi umur 19-22 tahun.
Ada beberapa kasus, mengapa proses pertumbuhan dari gigi2 bungsu ini dikatakan tidak normal, yaitu:
1.benih gigi yang memang tidak ada, merupakan bawaan lahir…hohoho bersyukurlah kalian yang berkasus seperti ini. Kenapa??? Karena sebenarnya gigi geraham bungsu tidaklah bergitu berguna untuk pengunyahan.
2.benihnya ada, tetapi posisi tumbuhnya yang tidak normal. Ini nih…kasus gigi saya.

Baiklah…saya akan sedikit menjelaskan dengan singkat penyebab mengapa posisi tumbuh gigi geraham bungsu bisa abnormal? Jawabannya bisa karena genetic a.k.a turunan…maksudnya bukan papamama kita nurunin posisi gigi yang abnormal sama anaknya. Tetapi, variasi ukuran rahang dan ukuran gigi, misalnya jika seseorang memiliki keturunan berahang kecil dengan variasi ukuran gigi yang agak besar. Maka, tempat untuk gigi tumbuh seluruhnya menjadi kurang. Inilah yang menyebabkan timbulnya gigi berjejal atau bahkan tidak ada tempat untuk erupsi ( munculnya gigi ke atas permukaan gusi).

Kenapa harus ???
Tidak harus jika gigi tersebut tumbuh normal dengan posisi yang benar. Tapi akan menjadi suatu keharusan apabila gigi tersebut menimbulkan keluhan. indikasinya seperti:
1.Posisinya yang tumbuh miring, tumbuh menekan gigi tetangganya, tentu saja akan sakit, sulit dibersihkan kemudian akan berlubang. Sangat tidak menguntungkan.
2.terkait dengan patologi folikular, terkait dengan kista atau bahkan neoplasma.
3.usia muda, sesudah akar gigi terbentuk sepertiga sampai duapertiga bagian. Dimana periode emas untuk pencabutan yakni usia 18 tahun. Secara umum, sebaiknya gigi molar ketiga (geraham bungsu) dicabut pada waktu masih muda, usia dibawah 25-26 tahun. Kenapaa???? Alasannya ada dua, pertama mineralisasi tulang belum begitu padat, sehingga trauma yang ditimbulkan pasca operasi minimal, kedua celah ligamentum (celah antara gigi dan tulang ) mengecil atau tidak ada.
4.adanya infeksi, seperti perikoronitis. Abnormalitas erupsi sering mengakibatkan pembentukan operkulum, (suatu flap gingival/gusi yang menutupi sebagian permukaan gigi yang erupsi. Daerah ini sering terjadi penumpukan sisa makanan dan dapat menjadi tempat proliferasi mikroorganisme. Bisa jadi radang loh…juga bengkak.(jadi ingat seseorang yang dekat dengan saya, mengalami kasus yang seperti ini, tapi sampe sekarang dia belum mau untuk dilakukan perawatan…ckckck…minta dibujuk)
5.penyimpangan panjang lengkung rahang dan untuk membantu mempertahankan stabilitas hasil perawatan ortodonsi. (ituh…buat org2 yang akan dirawat pake kawat gigi)
6.apabila gigi molar ke 2 (gigi geraham ke 2) dicabut tetapi kemungkinan gigi geraham bungsu untuk tumbuh normal sangat kecil.
7.dan masi ada beberapa lagi…yang kalo saya bahas disini akan sangat menyita waktu...saya aja yang menyusun tulisan ini uda bosen…hueheheh…ngga niaat banget yak???

Ada beberapa klasifikasi posisi gigi molar tiga yang tumbuhnya abnormal…tapi berhubung sekarang sudah sangat malam menjelang pagi…(widiiw…. Uda jam 00.10 wib ternyatah…) masi banyak yang harus saya baca dan kerjakan…ditambah dengan semangat menulis yang agakagak hilang timbul. Mungkin akan dibahas lain kali saja. Akan saya usahakan untuk menyempatkan diri meskipun jadwal saya sangat padat ( sok sibuk…koas, buat paper, nyaripasien, ngerjain pasien, diskusi paper, kencan, beresin kamar, pulkam, liburan, kencan lagi, main sama ponakan, jalanjalan, dan sebagainya…arrgggh…sibuk sangat).

Kepada para pembaca blog…..jika ada pesan dan kesan…kritik dan saran…pertanyaan dan kesimpulan…silahkeun tinggalkan di kolom komen dibawah ini. Insyaallah akan saia jawab segera….

Terima kasih.

5 komentar:

.:diah:. mengatakan...

Uchiiieee, gigi bungsuku (keempat2nya, atas-bawah-red)
tumbuhnya gk normal, dah 2thn tapi blom smpurna, kata drg. harus dioperasi, huhuhuhuhh *menangisdarah*
upss koq jadi curhat, eehh mw nanya gmana solusinya niih slain operasi???

ABuN mengatakan...

Pannnnnnjaaaangggg buener.

males bacanya, wkwkwkwkk

but keep posting ci.

kumpulan ceritanya uchie mengatakan...

diah: weeew...sebaiknya di operasi aja diah...untuk pencegahan...
sebelum umur kita 26 tahun...ngga usah takut.kan ntar dibius...pas operasi insyaallah ngga akan sakit kok.

kumpulan ceritanya uchie mengatakan...

abun: hohoho...itu udah dipendekin kalee pik...klo pengen nambah pengetahuan ya baca dong...

.:diah:. mengatakan...

haaahh?? dioperasi?? hiikksss.. aku ke Medan yaaaaa, kalian aja yg operasi *biargratisyaaakk* xiixixixixix
takuuttt ahh Chie, takuuuutttt, masih ada wktu 4thn brarti yaa sblm stadium akhir :D